Tugas Metode Penelitian (Hipotesis dan Rancangan
Penelitian)
TUGAS SOFTSKILL
METODE PENELITIAN
(HIPOTESIS
DARI SKRIPSI ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DESAIN
PRODUK, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 PADA
MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG)
Disusun Oleh
:
Nama / NPM : Firli saputra
Kelas : 3ID07
Hari / Tanggal : Sabtu/ 15 November 2014
Dosen : Ina Siti Hasanah
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2013
A.
Hipotesis
Hipotesis adalah dugaan sementara yang
kebenarannya masih harus dilakukan pengujian. Hipotesis ini dimaksudkan untuk
memberi arah bagi analisis penelitian (Marzuki, 2005). Disini kesimpulan sementaranya
adalah :
H1: Semakin
baik kualitas produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pelanggan
pada suatu produk (Y).
H2: Semakin
baik kualitas pelayanan yang ditawarkan (X), maka semakin tinggi pula tingkat
loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
H3: Semakin
baik desain suatu produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas
pelanggan pada suatu produk (Y).
H4: Semakin
wajar harga suatu produk (X), maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas
pelanggan pada suatu produk (Y).
H5: semakin
tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu produk (X), maka semakin tinggi
pula tingkat loyalitas pelanggan pada suatu produk (Y).
B.
Hasil
pengujian hipotesis dijelaskan sebagai berikut:
1. Pengaruh Kualitas Produk
terhadap Loyalitas Pelanggan
Hasil pengujian hipotesis 1
mendapatkan bahwa variabel Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti bahwa konsumen akan memilih
produk dengan kualitas produk yang baik. Dalam penelitian ini konsumen yang menilai
bahwa produk IM3 memiliki kualitas produk yang baik dan sesuai dengan kebutuhan
pelanggan. Hipotesis 1 menunjukkan adanya pengaruh kualitas produk yang positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang dapat didukung oleh hasil
penelitian. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas produk yang ditentukan dalam
proses pembelian akan menentukan tingkat kesetiaan pelanggan pada produk
tersebut. Konsumen akan membandingkan kualitas produk dengan produk lain
sehingga konsumen dapat menentukan produk yang dipilih untuk jangka waktu yang
lama. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa dalam banyak hal karakteristrik
kualitas produk IM3 sudah sesuai dengan kriteria sebagaimana yang diharapkan
oleh konsumen, dimana dalam hal ini konsumen atau calon konsumen akan
mengharapkan fitur atau keistimewaan tambahan produk yang ada, kualitas produk
baik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
2. Pengaruh
Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan
Pengujian
hipotesis 2 menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan pada
variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan produk IM3. Hasil ini
menunjukkan bahwa penilaian yang baik mengenai produk yang sesuai dengan
tingkat baik atau tidaknya kualitas pelayanan yang diberikan mendorong
pelanggan untuk setia terhadap produk tersebut. Hasil ini menjelaskan bahwa
hasil pengalaman konsumen dalam memakai produk akan menghasilkan penilaian
konsumen terhadap produk tersebut. Apabila produk tersebut dapat memuaskan
keinginan konsumen maka konsumen akan memberikan penilaian positif terhadap
produk tersebut. Dengan penilaian tersebut maka konsumen akan tetap
berkeinginan untuk membeli produk tersebut. Hasil ini menjelaskan bahwa pada
umumnya konsumen akan memperhitungkan kualitas yang dapat diperoleh dari uang
yang akan dikeluarkannya. Data empiris penelitian ini menunjukkan bahwa produk
IM3 dinilai oleh konsumen memiliki kemampuan untuk mempertahankan kualitas
pelayanannya. Selanjutnya dari kondisi tersebut diperoleh adanya loyalitas
pelanggan yang semakin tinggi dimana dapat dilakukan oleh konsumen.
3. Pengaruh
Desain Produk terhadap Loyalitas Pelanggan
Pengujian
hipotesis 3 menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan pada
variabel desain produk terhadap loyalitas pelanggan produk IM3. Hasil ini
menunjukkan bahwa penilaian yang baik mengenai desain tetap menggunakan produk
tersebut. Hasil ini menjelaskan bahwa konsumen dalam mencari atau memilih mobil
akan mempertimbangkan faktor desain produk tersebut. Data empiris penelitian
ini menunjukkan bahwa IM3 dinilai oleh konsumen memiliki desain yang menarik,
bervariatif dengan konsep futuristic dimana tidak terlihat ketinggalan
zaman. Selanjutnya dari kondisi tersebut diperoleh adanya loyalitas pelanggan
yang semakin tinggi yang dapat dilakukan oleh konsumen.
4. Pengaruh
Harga terhadap Loyalitas Pelanggan
Hasil
pengujian hipotesis 4 mendapatkan bahwa harga memiliki pengaruh positif
terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti bahwa harga yang semakin wajar
akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil ini menjelaskan bahwa harga dapat
menjadi tambahan referensi bagi calon konsumen dan menjadi pertimbangan
terhadap produk yang diinginkan. Harga yang wajar akan menjadi keputusan bagi
konsumen untuk tetap setia pada produk tersebut. Hasil penelitian ini
mendapatkan bahwa dalam banyak hal karakteristrik harga produk IM3 sudah sesuai
dengan kriteria sebagaimana yang diharapkan oleh konsumen, dimana dalam hal ini
konsumen atau calon konsumen akan mengharapkan harga produk yang sesuai dengan
keistimewaan produk yang ada, harga yang relatif terjangkau dan harga yang
sudah sesuai dengan manfaat produk. Kemudian dari hasil uji F memperlihatkan
bahwa pengaruh secara bersamaan dari seluruh variabel independen (kualitas
produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga, dan kepercayaan) terhadap
loyalitas pelanggan pada produk IM3 menunjukkan hasil yang signifikan. Hal
tersebut ditunjukkan dari besarnya nilai F sebesar 21,397 dengan tingkat
signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Sementara itu, dari hasil perhitungan
Koefisien Determinasi (R 2 ), dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel
independen dalam penelitian ini mampu menerangkan 53,2 % mengenai loyalitas
pelanggan IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Sedangkan
sisanya 46,8 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
penelitian ini.
C. Rancangan Penelitian
1.
Tujuan
Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis pengaruh masing – masing variabel, kualitas produk (X1), kualitas
pelayanan (X2), desain
produk (X3), dan harga
(X4 ) dan
kepercayaan (X5 ) terhadap
loyalitas pelanggan (Y). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh
masing – masing variabel, kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), desain
produk (X3), dan harga
(X4 ) dan
kepercayaan (X5) terhadap
loyalitas pelanggan (Y).Khusunya terhadap produk im3 yang dipakai oleh
mahasiswa fakultas ekonomi universitas diponogoro.
2. Tipe Hubungan
Loyalitas Pelanggan
|
|||
3. Lingkungan & Pengendalian Penelitian terhadap
Variabel
Lingkungan
tempat pengambilan data berada di universitas diponogoro.
4. Unit Analisis
Kegiatan menganalisis data dalam penelitian ini
meliputi beberapa tahap
dasar (Santoso dan Tjiptono, 2001), tahap tersebut
diantaranya:
1. Proses editing
Tahap awal analisis data adalah melakukan edit
terhadap data yang telah
dikumpulkan dari hasil survey di lapangan. Pada
prinsipnya proses editing
data bertujuan agar data yang nanti akan dianalisis
telah akurat dan lengkap.
2. Proses Coding
Proses pengubahan data kualitatif menjadi angka dengan
mengklasifikasikan
jawaban yang ada menurut kategori-kategori yang
penting (pemberian kode).
3. Proses Scoring
Proses penentuan skor atas jawaban responden yang
dilakukan dengan
membuat klasifikasi dan kategori yang cocok tergantung
pada anggapan atau
opini responden.
4. Tabulasi
Menyajikan data-data yang diperoleh dalam tabel,
sehingga diharapkan
pembaca dapat melihat hasil penelitian dengan jelas.
Setelah proses tabulasi
selesai kemudian data-data dalam tabel tersebut akan
diolah dengan bantuan
software statistik
yaitu SPSS.
5. Dimensi Waktu
Pengambilan
data dilakukan pada tahun 2010.
6. Pengukuran Konstruksi
Ukuran
konstruksi disesuaikan dengan ukuran sim card pada umumnya.
7. Disain sampel
Desain produk IM3 dibuat sesuai selera anak muda,
dengan
warna-warna
yang cerah pada kemasan produk dan fitur-fitur yang “gaul”.
8. Metode Pengumpulan Data
Metode yang digunakan dalam
pengambilan sampel adalah non probability sampling, yaitu metode
pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi
setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel karena
pertimbangan tertentu. Yang menjadi syarat pertimbangan dalam non
probability sampling pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas
Ekonomi Universitas Diponegoro yang menggunakan produk operator seluler
IM3. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini berupa purposive
sampling dengan pembagian berdasarkan program studi dan angkatan
yang masih terdaftar sebagai mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro meliputi mahasiswa D-III angkatan tahun 2007 sampai dengan
2009, mahasiswa S1 Reguler I angkatan tahun 2007 sampai tahun 2009, dan
mahasiswa S1 Reguler II angkatan tahun 2007 sampai dengan 2009.
DAFTAR PUSTAKA
http://eprints.undip.ac.id/23344/1/SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar